IMPLEMENTASI MODEL MEANINGFUL INSTRACTIONAL DESIGN (MID) BERBATUAN MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK NEGERI 1 KOTA BENGKULU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk mengetahui Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar yang kurang maksimal, guru yang kurang inovatif sehingga pembelajaran terasa mononton dan pada saat pembelajaran siswa kurang konsentrasi dalam pembelajaran yang sedang berlangsung. Salah satu solusi yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah menggunakan model meaningful instructional design. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model meaningful instructional design berbantuan multimedia terhadap hasil belajar siswa pada matapelajaran computer dan jaringan dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu penelitian dengan mendeskripsikan atau menggambarkan penelitian dengan menggunakan kata-kata. Responden dalam penelitian ini merupakan guru mata pelajaran computer dan jaringan dasar dan peserta didik sebanyak 36 peserta didik di kelas X TKJ SMK N 1 Kota Bengkulu. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan terhadap hasil belajar siswa yang dilihat dari hasil wawancara guru dan siswa di kelas X TKJ 1 di SMK N 1 Kota Bengkulu, dimana yang awalnya hasil belajar siswa kurang maksimal dan siswa kurang konsentrasi dalam pembelajaran yang sedang berlangsung, setelah menggunakan model meaningful instructional siswa menjadi lebih antusias, aktif dan semangat dalam pembelajaran berlangsung dan pembelajaran tidak terasa monoton lagi dengan menggunakan model meaningful instructional design ini.
Downloads
Copyright (c) 2023 Computer and Informatics Education Review
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copy Right Notice
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.