PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN DESAIN KOMUNIKASI VISUAL KELAS X TKJ SMK NEGERI 2 BENGKULU TENGAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa kelas X TKJ SMK Negeri 2 Bengkulu Tengah dalam pembelajaran desain komunikasi visual dengan penerapan model Snowball Throwing. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dilaksanakan dalam tiga siklus dengan alur penelitian yaitu rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ SMK Negeri 2 Bengkulu Tengah semester genap tahun ajaran 2023/2024 dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang yang terdiri dari 17 orang siswa laki-laki dan 8 orang siswa perempuan. Pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi aktivitas siswa, tes skhir siklus dan dokumentasi. Dari hasil analisis keaktifan sisiswa mulai dari siklus I hingga siklus Il mengalami peningkatan Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yaitu nilai rata-rata siswa dari 80,4 pada siklus I meningkat menjadi 96,4 pada siklus II . Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa: 1) penerapan model Snowball Throwing dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa yaitu dengan cara memberi motivasi siswa untuk berani bertanya, memindahkan posisi tempat duduk siswa. 2) Penerapan model Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan cara permainan lempar bola kertas dengan siswa membentuk sebuah kelompok untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan dan kemampuan siswa karena setiap siswa mempunyai daya tangkap yang berbeda, jadi ada siswa yang perlu waktu lebih untuk belajar agar mengerti dan paham, memberi motivasi dan banyak berlatih untuk mengerjakan soal latihan.
Downloads
Copyright (c) 2023 Computer and Informatics Education Review
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copy Right Notice
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.