PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI SISTEM JARINGAN DI SMKN 3 SELUMA
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif jigsaw terhadap hasil belajar pada mata pelajaran administrasi sistem jaringan. Adapun masalahnya dalam penelitian ini yaitu peserta didik kurang aktif (pasif) dalam proses pembelajaran administrasi sistem jaringan, hal ini disebabkan dengan guru yang bersifat teacher center, sehingga siswa menjadi tidak tertarik apa yang dijelasakan oleh guruĀ yang membuat mereka jadi sibuk sendiri dan bahkan ada yang mengobrol bersama teman sebangku mereka, aktifitas siswa dalam proses pembelajaran kurang begitu aktif, dikarenakan kurangnnya kegiatan belajar seperti diskusi kelompok sehingga pemahaman siswa terhadap mata pelajaran administrasi sistem jaringan menjadi kurang menarik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode kuantitatif yaitu penelitian yang didasarkan perhitungan angka-angka dengan menggunakan perhitungan statistik, jenis penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII TKJ SMKN 3 Seluma sebanyak 30 orang. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan uji paired sample t-test. Dari hasil analisis data menggunakan uji paired sample t-test didapat nilai sig (2-tailed) bernilai 0,000. Dari hasil tersebut diketahui bahwa nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak, serta membandingkan nilai t hitung dengan t tabel diperoleh nilai t hitungĀ 16,554 > t tabel 2,045 maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya pengaruh model pembelajaran kooperatif jigsaw terhdapa hasil belajar pada mata pelajaran administrasi sistem jaringan di SMKN 3 Seluma ada pengaruhnya.
Downloads
Copyright (c) 2023 Computer and Informatics Education Review
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copy Right Notice
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.