PEMANFAATAN MEDIA POWER POINT PADA PELAJARAN SIMULASI DIGITAL DI SMK N 2 BENGKULU TENGAH

  • Kholilul Rahman Universitas Dehasen
  • Yenni Fitria Universitas Dehasen
  • Diah Selviani Universitas Dehasen
Keywords: Media PowerPoint, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis power point pelajaran simulasi digital di kelas X SMK Negeri 2 Bengkulu Tengah, (2) untuk mengetahui problematika penggunaan media pembelajaran berbasis power point pelajaran simulasi digital di kelas X SMK Negeri 2 Bengkulu Tengah.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan atau kancah (field research). Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 2  Bengkulu Tengah dengan jenis penelitian kualitatif karena penelitian ini lebih menekankan analisisnya pada proses penyimpulan deduktif dan induktif serta analisis terhadap dinamika hubungan antar fenomena yang diamati, dengan menggunakan logika ilmiah.  Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, yaitu mengumpulkan informasi mengenai status suatu gejala yang ada, yaitu keadaan gejala menurut apa adanya pada saat penelitian dilakukan. Pada penelitian ini kelas X TKJ sebagai kelas yang diajar menggunakan media pembelajaran berbasis power point. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Obeservasi, Wawancara, Dokumentasi. Teknik analisis data deskriptif.

(1) Efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis power point pada pelajaran simulasi digital di SMK Negeri 2  Bengkulu Tengah, penggunaan media power point dalam pembelajaran simulasi digital di SMK N 2 Bengkulu tengah dikategorikan sudah efektif, dikatakan sudah efektif dengan penggunaan power point terkhusus guru TKJ telah memanfaatkan media dan fasilitas sekolah dengan baik. (2) Problematika penggunaan media power point pada pembelajaran simulasi digital memiliki keterbatasan pada waktu jam pelajaran yang singkat untuk mengajar, namun keterbatasan waktu dapat diatasi dengan menyiapkan media pada saat jam pelajaran belum dimulai.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-02-23