PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS REACH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DIGITAL KELAS X SMKN 2 BENGKULU TENGAH

  • Rapi Sandora Pendidikan Komputer
  • Diah Selviani Pendidikan Komputer
  • Hermawansa Hermawansa Pendidikan Komputer
Keywords: Media Pembelajaran Reach, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiibagaimana pengaruh media pembelajaran berbasis reach terhadap hasil belajar siswa pada imata pelajaran simulasi idigital idi iSMK iNegeri i2 Bengkulu Tengah. untuk mengetahui apa saja faktor internal dan eksternal yang ditemukan ketika media pembelajaran berbasis Reach terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran simulasi digital SMKN i2 Bengkulu Tengah.

Metode iyang idigunakan idalam ipenelitian iini adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif iyaitu isuatu iproses imenemukan pengetahuan idengan menggunakan idata iberupa angka. Dengan membandingkan nilai sebelum diberi perlakuan (pretest) dengan nilai setelah diberi perlakuan (posttest). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu penyebaran kuesioner, dokumentasi dan tes. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X Tkj yang berjumlah 30 siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis reach lebih tinggi dibanding sebelum menggunakan media pembelajaran berbasis reach , yaitu 96,6% siswa yang belum mencapai KKM sebelum dilaksanakan media pembelajaran dan setelah melakukan media pembelajaran berbasis reach hanya 10% siswa yang belum mencapai KKM. Hasil analisis data dengan uji t hipotesis menggunakan Paired Sample T-Test dengan nilai asym sig. (2- tailed) yaitu 0,000 < 0,05

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-08-06